Sabtu, 14 Februari 2015

Dampak positif modernisasi DAN Dampak negatif modernisasi



DAMPAK MODERNISASI

A.    Dampak positif modernisasi:
  1. Perubahan tata nilai dan sikap masyarakat
Salah satu dampak positif modernisasi pada zaman sekarang ini dapat dilihat dari cara berpikir masyarakat yang semula irasional menjadi lebih rasional.
  1. Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang
Berkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah. Selain itu, perubahan ini juga dapat mendorong masyarakat untuk berpikir lebih maju. 
  1. Tingkat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik
Perkembangan teknologi mendorong terjadinya industrialisasi, salah satunya dalam memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi. Hal ini dapat membuka lapangan kerja baru, sehingga dapat mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
4.      Lebih mudah dalam menjalin hubungan dengan negara lain
5.      Memantapkan dan memberi peluang berdemokrasi bagi rakyat kecil
6.      Pemerintah semakin mengetahui akan kebutuhan rakyatnya
7.      Dalam dunia Pendidikan, kita sebagai generasi muda akan berfikir semakin kritis, berfikir lebih rasional, karena dengan adanya modernisasi menimbulkan rasa ingin tahu atau rasa yang ingin memunculkan suatu hasil yang baru.
8.      Generasi muda merasa terdorong untuk berusaha meningkatkan kemampuannya sehingga dapat ikut berperan dalam mamajukan pembangunan akibat adanya moderniasi
9.      Memperkuat integrasi masyarakat dalam masyarakat
Ciri manusia yang modern diantaranya adalah memiliki sikap yang terbuka terhadap segala bentuk pengalaman dan perubahan. Dengan adanya sikap ini tentunya akan memperlancar proses komunikasi dan interaksi antarindividu dalam masyarakat.
10.  Kemajuan di bidang transportasi
Saat ini, masyarakat sudah dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas transportasi yang mengedepankan kenyamanan, keterjangkauan harga, dan ketepatan waktu.
11.  Meningkatkan kesadaran politik dan demokrasi
Semakin mudahnya mengakses informasi, baik dari media cetak maupun media elektronik, maka semakin banyakpula pengetahuan politik yang didapatkan oleh masyarakat.
12.  Kemajuan di bidang kesehatan
Banyak teknologi-teknologi baru yang ditemukan untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai macam  penyakit. Namun pencegahan lebih baik darii pada pengobatan

B.     Dampak negatif modernisasi:
  1. Munculnya pola hidup konsumtif
Karena persediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah, masyarakat mudah tertarik untuk menkonsumsi barang, apalagi dengan banyaknya pilihan yang ada. 
  1. Munculnya sikap individualisti
Kemajuan teknologi membuat orang merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas, sehingga mereka menjadi lebih individualistik, dan suka mementingkan diri sendiri.
  1. Munculnya gaya hidup kebarat-baratan
Kita harus ingat, bahwa tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia, namun dewasa ini, gaya hidup kebarat-baratan  banyak berkembang di masyarakat. Beberapa contohnya adalah:
-          Anak tidak lagi hormat kepada orang tua,
-          Pergaulan bebas
-          Pemakaian narkoba, dan lain-lain.
  1. Munculnya kesenjangan sosial
Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lainnya.
  1. Meningkatnya angka kriminalitas
Kriminalitas banyak terjadi di kota-kota besar karena telah menipisnya rasa kekeluargaan dalam masyarakat, berkembangnya sikap individualisme, juga tingkat persaingan yang tinggi serta pola hidup masyarakat yang konsumtif
6.      Memunculkan banyak partai oposisi dan gerakan separatis
7.      Banyak muncul demokrasi massa yang ricuh
8.      Munculnya banyak golongan idealis yang menimbulkan masalah politik dan perebutan kekuasaan dengan menggunakan praktek politik yang tidak sehat
9.      Westernisasi atau usaha yang dilakukan oleh remaja untuk dapat meniru gaya hidup orang Barat secara berlebihan. Contohnya: gaya berpakaian/ fashion.
10.  Hilangnya rasa peduli antar sesama, seperti saling gotong royong, acuh tak acuh.
11.  Memudarnya rasa cinta akan tanah air, seperti mengenal kebudayaan asli Indonesia. Lebih mementingkan mengenai hal apa yang sedang mode on terjadi di dunia.
12.  Mental generasi muda yang semakin merosot turun, karena serba instan terjadi, rasa usaha atau kerja keras semakin merosot turun, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASPEK TRIGATRA DAN PANCAGTRA DALAM WAWASAN NUSANTARA

Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara Konsepsi wawasan nusantara merupakan suatu konsep di dalam cara pandang dan pengat...